Pemakaian Plastik yang Berlebihan #GoGreen

Kali ini aku mau membawakan tema plastik yang sedang heboh-hebohnya dibicarakan oleh aktivis lingkungan dan pakar sains. Hashtag yang sering kulihat bisa berupa #BreakFreefromPlastic dan ini diprakarsai oleh organisasi-organisasi lingkungan, seperti Greenpeace. Mereka menginspirasi setiap pengikutnya di seluruh media sosial untuk menghentikan penggunaan plastik yang kerap kali limbahnya bermuara ke samudera dan tebak apa yang terjadi? Plastik ini mematikan banyak sekali spesies-spesis laut, seperti ikan dan kura-kura. 

Para hewan laut ini menyangka bahwa plastik itu sebagai ubur-ubur karena jika sudah menuju laut, plastik seakan berenang menyerupai hewan tersebut. Dan juga saya telah mempelajari dari berbagai jurnal yang membahas mengenai polusi plastik, jumlah plastik di laut terhitung lebih banyak dibandingkan spesies yang ada di sana. 

Sebagai solusi, saya terus berjuang untuk merealisasikan penggunaan tas belanja yang dapat digunakan berulang kali sehingga tidak ada lagi plastik yang terbuang ke laut sebegitu banyaknya. Saya telah membuat kegiatan itu sebagai kebiasaan baik setiap kali akan berbelanja karena saya percaya perubahan berawal dari diri sendiri. Lalu saya akan menyebarkannya ke orang sekitar saya sebagaimana menjelaskan dari awal proses plastik yang tidak bisa terurai dan akhirnya mengancam biota laut. Bagaimana, teman-teman? Apakah teman-teman setuju dengan adanya kebijakan penggunaan tas yang dapat digunakan berulang kali?

Komentar

Popular one!